1. PERKENALKAN DIRI ANDA
Perkenalkan
Diri anda dengan Mantap dan JELAS, sekali lagi gan Yang JELAS..!!! teknik yang
di pakai 3P P(Pause), P(Part), P(Punch), kira2x seperti ini contohnya :
Nama
saya Budi Santoso nah kalo menggunakan teknik 3 P kita harus mantap cara
memperkenalkan :
·
Nama
Saya (pause, artinya jeda sejenak a second lah, sebelum menyebut nama!!!)
·
Budi
(Part, artinya dipisah sejenak jika nama kita ada nama belakangnya, tetapi
jangan dikebut nyebutin nama pertama dengan nama belakangnya ya..!!! a second
too
·
Santoso
(Punch, artinya ada penekanan kata dibelakang dengan nanda yg agak sedikit naik
(bukan membentak)
Nah Jadi cara perkenalan dengan teknik 3P (Pause,Part,Punch)
2.
EYE CONTACT
Kalau
agan sedang interview pastikan jaga EYE CONTACT, artinya kalau sedang berbicara
matanya tertuju ke matanya si interview, buat apa sih kontak mata ini??? Hal
ini dimaksudkan mengukur tingkat PD agan, kenapa?? dengan kontak mata si
interviewer langsung bisa mengukur tingkat PD agan. yang perlu dihindari :
1.
MELOTOT (hindari melihat
HIDUNG, JIDAT, RAMBUT, apalagi bagian lainnya, pokoknya lihat matanya) (hati2x
gan interview tahu kalo agan engga eye contact)
2. JELALATAN (saat agan interview tapi matanya kemana-mana )
3. FOKUS
DI SATU TITIK (maksudnya saat anda interview selalu melihat kebawah atau
keatas, persis seperti orang gak PD dan menunggu keajaiban datang )
3.
JABAT TANGAN dengan MANTAP
Jabat
tangan jangan dianggap enteng gan, disini si Interviewer sudah bisa melihat
Karakter Positif anda misalnya : Semangat, Antusias, Aktif, PD,dsb. Dan Bisa
juga si interviewer bisa menilai Karakter Negatif agan tapi tentu tidak semua
tapi hanya sekilas saja (tapi cukup mewakili). Seharusnya bagaimana Jabat
Tangan yang Mantap itu ?? :
1.
Sebelum
Jabat tangan pastikan kondisi telapak agan kering (tdk basah, berminyak dsb)
kenapa..?? sangat tidak nyaman gan kalo tangan kita basah atau berminyak bagi
si interviewer. Saya tau biasanya telapak tangan kita berkeringat. mungkin saja
kita stress . Nah , bagaimana kalau telapak kita sudah dikeringkan tapi masih
basah terus (berarti agan kelainan JANTUNG ) engga usah khawatir ada trik dari
ane tapi jangan diketawaiin ya..?? janji..?? : SEKA/KERINGKAN TELAPAK TANGAN
AGAN di CELANA/ROK ANDA..?? (bahasa kerennya MEPER ) tapi jangan keliatann
MEPER-nya ,pake teknik halus yaitu pura2x pegang saku depan atau belakang, dan
harus CEPAT !! (Jabat Tangan Si Interviewer dengan sedikit lebih ERAT jabat
tangan seperti biasanya dan jangan jabat tangan membalikan telapak tangan kita
sehingga mirip gaya salaman kita ke orang tua telapak tangan dibalik lalu
telapak tangan Ortu kita dicium (don't do that). Hindari juga jabatan tangan
yang cuma asal nempel aja, hal ini tidak baik karena terkesan melecehkan si
interviewer
2. Jangan Lama2x
salamannya sudah kenalin nama boleh dilepas..siapa yang duluan nge-lepasin??
saya atau interviewer..?? lebih baik karena kita yang bertamu atau datang
enaknya nunggu isyarat dia ngelapasin tangannya.
4.
DUDUK HARUS PROFESIONAL
Ini
penting juga setelah anda memperkenalkan nama, eye contact, dan jabat tangan,
ini juga tidak kalah penting yaitu cara kita duduk di ruang interview. Interviewer sudah bisa melihat sikap agan saat
memasuki ruang interviewer, apakah agan siap, menganggap remeh, malu2x,atau
mungkin terlalu PD. Nah inilah yang harus dilakukan :
1. Duduk Yang Tegap,
jika kursinya ada sandaran Hindari bersandar (jadi tegap, bukan menunduk)
2. Posisi Tangan , jika
didekat kita ada meja, letakan tangan diatas meja , tetapi yang mesti dihindari
adalah : tangan dilipat diatas meja (mirip anak SD), telapak tangan terbuka
(persis kek orang berdoa "oh tuhan tolonglah aku"), bertopang (dagu
mirip kalo kita lagi "bokek"), nah ini yang pernah saya temui,
tanganya sih di meja, tetapi tuh tangan yg di interview "NGGRATIL"
alias pegang2x alat tulis/kertas/lembar kerja interviewer. Atau yang paling
aman jika mejanya jauh dari jangkauan, letakan tangan diatas paha kita it's oke
juga (lebih elegan)
3. Jangan Selonjor, apalagi kaki atau dengkul
naik keatas tepi meja (jelas engga sopan)
4. Dan pancarkan Energi
, lempar senyum, dan PD agan dalam posisi duduk yang sempurna yaitu TEGAP
5.
PIKIR SEBELUM BICARA
Ini
engga boleh terjadi, jika kita sedang akan ditanyakan oleh si interviewer kita
memotong pembicaraan atau langsung menjawab pertanyaan yg belum selesai
ditanyakan.!! (don't do that is not polite, it's jerk). Dengarkan dulu sampai
selesai. ada tata cara yang mesti diikuti :
1.
LISTEN (dengarkan dulu
pertanyaannya sampai selesai)
2. REPHRASE
(Ulangi pertanyaannya secara singkat , tapi bukan MEM-BEO artinya mengulangi
persis pertanyaannya si interviewer, jika agan melakukan pem-beoan malah timbul
kesan TIDAK CERDAS, contoh:
Interviewer
: Tadi anda katakan selain kerja anda mendapatkan pendapatan dari tempat yang
lain kalau boleh tahu besar mana ...??
Kita(gunakan
REPHRASE) : maksud bapak SIDE INCOME ??? (perhatikan rephrase-nya tidak mem-beo
bukan..? tapi esensi-nya sama)
3. CHECK
(cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek
: betul begitu pak/bu??? )
4. ANSWER
(nah ini yang penting yaitu baru jawab dengan singkat,padat, lugas dan jangan
menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan)
5. RE-CHECK
(Re-cek, artinya memastikan jawaban agan sudah menjawab kebutuhannya, contohnya
: apa sudah menjawab pak/bu, seperti itu pak cerita/kronologinya, hindari :
jelas pak !! (kesannya kek si interviewer bodo banget), Ngerti pak !! (kesannya
kek guru ke murid)
Jadi,
kalo mau jawab harus dipikir dulu !! (jangan asal NJEPLAK!!, terburu-buru)
kesan yang ditimbulkan adalah kita kelihatan tidak professional.Tata Pikiran
Anda sebelum berbicara.
Nah
teknik lima diatas tadi sebenarnya teknik BUYING TIME (a second). sambil
melakukan 5 langkah tadi sambil kita berpikir mencari jawaban yang MATANG
0 komentar:
Posting Komentar