Minggu, 10 Juni 2012

Teknik Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan


1. PERKENALKAN DIRI ANDA
Perkenalkan Diri anda dengan Mantap dan JELAS, sekali lagi gan Yang JELAS..!!! teknik yang di pakai 3P P(Pause), P(Part), P(Punch), kira2x seperti ini contohnya : 

Nama saya Budi Santoso nah kalo menggunakan teknik 3 P kita harus mantap cara memperkenalkan :
·         Nama Saya (pause, artinya jeda sejenak a second lah, sebelum menyebut nama!!!)
·         Budi (Part, artinya dipisah sejenak jika nama kita ada nama belakangnya, tetapi jangan dikebut nyebutin nama pertama dengan nama belakangnya ya..!!! a second too
·         Santoso (Punch, artinya ada penekanan kata dibelakang dengan nanda yg agak sedikit naik (bukan membentak)
Nah Jadi cara perkenalan dengan teknik 3P (Pause,Part,Punch)

2. EYE CONTACT
Kalau agan sedang interview pastikan jaga EYE CONTACT, artinya kalau sedang berbicara matanya tertuju ke matanya si interview, buat apa sih kontak mata ini??? Hal ini dimaksudkan mengukur tingkat PD agan, kenapa?? dengan kontak mata si interviewer langsung bisa mengukur tingkat PD agan. yang perlu dihindari :
1.       MELOTOT (hindari melihat HIDUNG, JIDAT, RAMBUT, apalagi bagian lainnya, pokoknya lihat matanya) (hati2x gan interview tahu kalo agan engga eye contact)
2.       JELALATAN (saat agan interview tapi matanya kemana-mana )
3.        FOKUS DI SATU TITIK (maksudnya saat anda interview selalu melihat kebawah atau keatas, persis seperti orang gak PD dan menunggu keajaiban datang  )

3. JABAT TANGAN dengan MANTAP
Jabat tangan jangan dianggap enteng gan, disini si Interviewer sudah bisa melihat Karakter Positif anda misalnya : Semangat, Antusias, Aktif, PD,dsb. Dan Bisa juga si interviewer bisa menilai Karakter Negatif agan tapi tentu tidak semua tapi hanya sekilas saja (tapi cukup mewakili). Seharusnya bagaimana Jabat Tangan yang Mantap itu ?? :

1.       Sebelum Jabat tangan pastikan kondisi telapak agan kering (tdk basah, berminyak dsb) kenapa..?? sangat tidak nyaman gan kalo tangan kita basah atau berminyak bagi si interviewer. Saya tau biasanya telapak tangan kita berkeringat. mungkin saja kita stress . Nah , bagaimana kalau telapak kita sudah dikeringkan tapi masih basah terus (berarti agan kelainan JANTUNG ) engga usah khawatir ada trik dari ane tapi jangan diketawaiin ya..?? janji..?? : SEKA/KERINGKAN TELAPAK TANGAN AGAN di CELANA/ROK ANDA..?? (bahasa kerennya MEPER ) tapi jangan keliatann MEPER-nya ,pake teknik halus yaitu pura2x pegang saku depan atau belakang, dan harus CEPAT !!  (Jabat Tangan Si Interviewer dengan sedikit lebih ERAT jabat tangan seperti biasanya dan jangan jabat tangan membalikan telapak tangan kita sehingga mirip gaya salaman kita ke orang tua telapak tangan dibalik lalu telapak tangan Ortu kita dicium (don't do that). Hindari juga jabatan tangan yang cuma asal nempel aja, hal ini tidak baik karena terkesan melecehkan si interviewer
2.       Jangan Lama2x salamannya sudah kenalin nama boleh dilepas..siapa yang duluan nge-lepasin?? saya atau interviewer..?? lebih baik karena kita yang bertamu atau datang enaknya nunggu isyarat dia ngelapasin tangannya.

4. DUDUK HARUS PROFESIONAL
Ini penting juga setelah anda memperkenalkan nama, eye contact, dan jabat tangan, ini juga tidak kalah penting yaitu cara kita duduk di ruang interview.  Interviewer sudah bisa melihat sikap agan saat memasuki ruang interviewer, apakah agan siap, menganggap remeh, malu2x,atau mungkin terlalu PD. Nah inilah yang harus dilakukan :
1.       Duduk Yang Tegap, jika kursinya ada sandaran Hindari bersandar (jadi tegap, bukan menunduk)
2.       Posisi Tangan , jika didekat kita ada meja, letakan tangan diatas meja , tetapi yang mesti dihindari adalah : tangan dilipat diatas meja (mirip anak SD), telapak tangan terbuka (persis kek orang berdoa "oh tuhan tolonglah aku"), bertopang (dagu mirip kalo kita lagi "bokek"), nah ini yang pernah saya temui, tanganya sih di meja, tetapi tuh tangan yg di interview "NGGRATIL" alias pegang2x alat tulis/kertas/lembar kerja interviewer. Atau yang paling aman jika mejanya jauh dari jangkauan, letakan tangan diatas paha kita it's oke juga (lebih elegan)
3.        Jangan Selonjor, apalagi kaki atau dengkul naik keatas tepi meja (jelas engga sopan)
4.       Dan pancarkan Energi , lempar senyum, dan PD agan dalam posisi duduk yang sempurna yaitu TEGAP

5. PIKIR SEBELUM BICARA
Ini engga boleh terjadi, jika kita sedang akan ditanyakan oleh si interviewer kita memotong pembicaraan atau langsung menjawab pertanyaan yg belum selesai ditanyakan.!! (don't do that is not polite, it's jerk). Dengarkan dulu sampai selesai. ada tata cara yang mesti diikuti :
1.       LISTEN (dengarkan dulu pertanyaannya sampai selesai)
2.       REPHRASE (Ulangi pertanyaannya secara singkat , tapi bukan MEM-BEO artinya mengulangi persis pertanyaannya si interviewer, jika agan melakukan pem-beoan malah timbul kesan TIDAK CERDAS, contoh: 
Interviewer : Tadi anda katakan selain kerja anda mendapatkan pendapatan dari tempat yang lain kalau boleh tahu besar mana ...??
Kita(gunakan REPHRASE) : maksud bapak SIDE INCOME ??? (perhatikan rephrase-nya tidak mem-beo bukan..? tapi esensi-nya sama)
3.       CHECK (cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek : betul begitu pak/bu??? )
4.       ANSWER (nah ini yang penting yaitu baru jawab dengan singkat,padat, lugas dan jangan menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan)
5.       RE-CHECK (Re-cek, artinya memastikan jawaban agan sudah menjawab kebutuhannya, contohnya : apa sudah menjawab pak/bu, seperti itu pak cerita/kronologinya, hindari : jelas pak !! (kesannya kek si interviewer bodo banget), Ngerti pak !! (kesannya kek guru ke murid) 

Jadi, kalo mau jawab harus dipikir dulu !! (jangan asal NJEPLAK!!, terburu-buru) kesan yang ditimbulkan adalah kita kelihatan tidak professional.Tata Pikiran Anda sebelum berbicara.

Nah teknik lima diatas tadi sebenarnya teknik BUYING TIME (a second). sambil melakukan 5 langkah tadi sambil kita berpikir mencari jawaban yang MATANG  

0 komentar:

Posting Komentar